E-Payment
Artikel Tentang E-Payment
E-Payment
suatu sistem menyediakan alat-alat untuk pembayaran jasa atau
barang-barang yang dilakukan di Internet, dimana pelanggan mengirimkan
semua data terkait dengan pembayaran kepada pedagang yang dilakukan di
Internet dan tidak ada interaksi eksternal lebih lanjut antara pedagang
dan pelanggan. Didalam Journal “ PENGEMBANGAN ALTERNATIF MODEL E-PAYMENT B2C (BUSINESS TO CONSUMER) UNTUK MASYARAKAT INDONESIA “ yang dibuat oleh Agung Firmansyah, Muhammad Ilman Akbar, Mursal Rais, Mustafa Kamal, dan Putu Wuri H , E-payment menawarkan
berbagai macam keuntungan seperti mempercepat proses transaksi dan
dapat menjual produk dengan harga lebih murah. Pihak yang terlibat dalam
proses transaksi dapat mentransfer dan menerima uang dari pihak lain
kapanpun dan dimanapun. Disamping itu, e-payment juga dapat mendukung gerakan green technology dimana pemakaian kertas dapat dikurangi.
Terdapat beberapa faktor kesuksesan dalam e-payment yaitu:
a. Independence: metode e-payment yang tidak tergantung pada teknologi atau alat apapun.
b. Interoperability dan portability: aplikasi e-payment yang bisa diakses melalui berbagai macam teknologi dan platform .
c. Security: aplikasi e-payment harus memiliki tingkat keamanan yang baik seperti menggunakan Public Key Infrastructure (PKI), digital signature, dan lain sebagainya.
d. Anonymity: aplikasi e-payment dapat mendukung kerahasiaan data pribadi pengguna.
No comments:
Post a Comment